Bedah Buku : “Hukum Bisnis, Tinjauan Terhadap UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja” karya Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA.

UPT Perpustakaan UKI dan LPPM UKI Press, Selasa 26 Oktober 2021, bertempat di Grha William Soeryadjaya, mengadakan Bedah Buku karya Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA, yang juga Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI), berjudul “Hukum Bisnis, Tinjauan Terhadap UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja”.


Hadir sebagai pengulas buku, Dr. Hulman Panjaitan, SH., MH yang juga Dekan FH UKI, dengan pembicara pembuka Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, SE, dan Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Hj. Diana Dewi, SE,  serta sebagai moderator Singgih Sasongko, S.IP., M.Si yang juga Kaprodi Ilmu Komunikasi UKI serta dihadiri oleh  Wakil Rektor UKI Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., M.A, dan jajaran civitas akademi UKI. Bedah buku diadakan secara hybrid, diikuti ratusan peserta secara daring via Zoom, mayoritas civitas akademika, praktisi hukum, dan praktisi bisnis.
 

“Pemerintah membuat peraturan-peraturan yang menegakkan keadilan antara pelaku usaha dan konsumen. Perizinan diperlukan sebagai alat kontrol berjalannya kegiatan usaha, sehingga usaha yang berjalan dengan barang dan jasa yang ditawarkan ke masyarakat merupakan usaha yang terjamin kualitas serta keamanannya,” ujar Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H.,M.H., MBA.
Dalam bukunya juga beliau membahas kepastian hukum penanaman modal bagi investor Indonesia. Kesulitan para investor berinvestasi di Indonesia, antara lain : rumitnya perizinan memulai berusaha, pengadaan lahan yang rigid, sulitnya akses pembiayaan, rumitnya penyelesaian kepailitan, ujar Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H.,M.H., MBA.

 

Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H.,M.H., MBA. menuliskan juga salah satu ciri perubahan pasal-pasal pada UU Ciptaker adalah sentralisasi kewenangan. Penyempitan Bidang Usaha Tertutup (ada 6 bidang usaha yg dinyatakan tertutup), tidak meliputi bidang usaha strategis yg menguasai hidup orang banyak (misal air, ketenagalistrikan, telekomunikasi dan persenjataan),  ujar Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H.,M.H., MBA.

 

Dr. Hulman Panjaitan, SH., MH dalam ulasannya, menegaskan bahwa berdasarkan ketentuan yang berlaku, buku karya Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA merupakan kategori buku referensi. Beliau mengemukakan bahwa buku yang ditulis Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA, tidak hanya memuat tinjauan normatif, tetapi juga penafsiran sejarah, karena menampilkan rancangan-rancangan dalam proses pembahasan sebelum UU disahkan, hal tersebut dikarenakan Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA sebagai Rektor yang ditunjuk turut dalam Tim Pembahasan UU Cipta Kerja, pungkas Dr. Hulman Panjaitan, SH., MH yang juga turut menjadi Tim Pembahas UU Cipta Kerja bersama Tim dibentuk DPD RI. 
 

Share this Post