KEGIATAN WEBINAR LITERASI INFORMASI DOSEN

Pada hari Senin, 18  Oktober 2021 telah diadakan kegiatan Webinar Literasi Informasi Dosen dengan tema “Meningkatkan Sitasi dan Kualitas Publikasi Karya Ilmiah Dosen untuk Mendukung Akreditasi Program Studi di Lingkungan Universitas Kristen Indonesia”. Wakil Rektor bidang Akademik UKI,  Bapak Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., M.A. turut hadir sekaligus membuka acara webinar ini. Kegiatan ini  diadakan secara Daring, diikuti ratusan peserta secara via Zoom, yang terdiri dari tenga pendidik UKI. Dengan menghadirkan  narasumber yang mumpuni dibidangnya yaitu Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si. (Dosen Universitas Sumatera Utara).

Saat menulis artikel secara digital, masih banyak  kendala  untuk  mencari  sumber referensi yang akurat dan artikel yang didapatkan   berasal  dari  sumber atau  artikel  yang ditulis oleh penulis lain dan sudah pernah dipublikasi. Secara etika dalam menulis artikel ilmiah, apabila kita menggunakan atau mengutip hasil pikiran orang lain kita diwajibkan untuk mencantumkan sumber tersebut sebagai referensi  dalam artikel ilmiah yang kita buat. Semakin tinggi angka sitasi pada artikel yang dipublikasi, maka semakin tinggi pula tingkat frekuensi H-Index pada artikel kita sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam peningkatan kualitas pada perguruan tinggi.

Webinar ini diadakan adalah meningkatkan motivasi dosen untuk dapat menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian berupa artikel yang berkualitas baik, juga  meningkatkan kemampuan dosen dalam publikasi karya ilmiah.

Tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah :

  • Dosen dapat memahami cara mensitasi.
  • Dosen dapat memahami dan memanfaatkan referensi tools.
  • Dosen dapat memahami Layanan Penelusuran Sumber-sumber Informasi untuk Mendukung Penulisan Karya Ilmiah.
  • Mencegah plagiarism sivitas akademika UKI.

Share this Post

https://feb.uki.ac.id/js/ http://sirika.bkkbn.go.id/images/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/pix/ https://satudata.kemenpora.go.id/uploads/terbaru/ https://sipdesa.karanganyarkab.go.id/ttd/ https://sentraki.polimarin.ac.id/public/js/ http://pmb.uij.ac.id/wp-content/produk/hari-ini/ https://fkip.unsulbar.ac.id/wp-includes/js/sdana/