Webinar Library User Education

Pada selasa, 29 November 2022 telah diadakan Webinar Kelas Literasi Tingkat Awal dengan dengan tema “Library User Education”. Wakil Rektor UKI bidang Akademik dan Inovasi, Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H. turut hadir sekaligus membuka acara webinar ini. Kegiatan ini  diadakan secara Daring, diikuti ratusan peserta secara via Teams, yang terdiri dari sivitas akademika Universitas Kristen Indonesia. Acara ini dibagi menjadi menjadi 3 sesi dengan pembagian beberapa Fakultas, dan terdapat 3 pokok materi yang disampaikan per sesi.

Materi I narasumber menjelaskan tentang layanan & Fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan. Materi ini dapat memberikan pengetahuan tentang layanan dan bagaimana cara menggunakan perpustakaan secara efesien dengan  memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan. Adapun narasumber menjelaskan layanan-layanan perpustakaan diantaranya; layanan referensi, layanan cek plagiarism, layanan multimedia, layanan audiovisual, layanan sirkulasi, layanan BI corner, layanan christian corner, layanan fotokopi, serta layanan locker. Narasumber juga menjelaskan fasilitas perpustakaan diantaranya; pojok kependudukan, taman baca perpustakaan, ruang BI corner, ruang koleksi & baca, baca mandiri.

Materi II narasumber memaparkan pengenalan sistem informasi Perpustakaan seperti SliMS atau digilib (katalog online) dan eprints atau repository yang disediakan Perpustakaan untuk memudahkan pemustaka mencari referensi karya ilmiah dosen maupun mahasiswa UKI dari seluruh Fakultas dan Prodi. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan jenis koleksi yang dimiliki Perpustakaan UKI yaitu cetak dan digital, baik yang dilanggan maupun bisa diakses secara gratis.

Materi II narasumber memberikan materi mengenai langkah cerdas membangun dan berbagi pengetahuan baru serta langkah cerdas mendapatkan informasi akurat, valid dan relevan

Dengan diadakannya webinar ini, mahasiswa mengetahui apa saja layanan - layanan dan fasilitas - fasilitas yang ada di Perpustakaan Univeritas Kristen Indonesia dan mampu memanfaatkannya secar efisien.  Selain itu mahasiswa diharapkan tahu bagaimana menggunakan perpustakaan sebagai sumber informasi agar mahasiswa mampu meneliti suatu masalah dan dapat diselesaikan dengan sumber informasi yang benar dan juga dapat mengerti dan dapat memanfaatkan E-jurnal yang telah dilanggan. Dengan materi strategi penelusuran E-resourses diharapkan mahasiswa juga mengerti bagaimana cara mencari informasi yang dibutuhkan dengan memanfaatkan strategi penelusuran E-resourses dan mengetahui langkah cerdas membangun berbagai pengetahuan baru dan langkah cerdas mendapatkan informasi akurat, valid, dan relevan.

Share this Post

https://feb.uki.ac.id/js/ http://sirika.bkkbn.go.id/images/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/pix/ https://satudata.kemenpora.go.id/uploads/terbaru/ https://sipdesa.karanganyarkab.go.id/ttd/ https://sentraki.polimarin.ac.id/public/js/ http://pmb.uij.ac.id/wp-content/produk/hari-ini/ https://fkip.unsulbar.ac.id/wp-includes/js/sdana/