Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Bagaimana cara mencari buku dengan cepat di rak buku?

Periksa status keberadaan buku melalui di katalog dengan mengakses http://digilib.uki.ac.id/. Jika tersedia catat nomor panggil buku dan lokasi rak buku. Jika masih belum ditemukan ada beberapa kemungkinan yaitu: Buku sedang dibaca, Lokasi salah rak oleh pengguna lain atau buku hilang.

2. Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam ?

Jumlah Koleksi yang dapat dipiinajm diantaranya:

  • Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan sebanyak 2 (dua) eksemplar dengan judul yang berbeda
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 4 (empat) dengan judul yang berbeda
3. Apa sanksinya jika saya terlambat mengembalikan buku?

Setiap peminjaman yang terlambat mengembalikan buku akan dikenakan denda Rp. 1.000,- (Seribu Rupiah) per buku/hari

4. Buku yang saya pinjam hilang, bagaimana prosedur selanjutnya?
  • Mengganti buku baru (bukan buku bekas/fotocopy) sesuai dengan aslinya
  • Mengganti judul koleksi dan pengarang lain dengan subjek yang sama
5. Surat keterangan bebas pustaka saya hilang, bagaimana prosedur selanjutnya?

Jika menghilngkan surat keterangan bebas pustaka yang sudah diberikan pada saat pengambilan bebas pustaka, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)

6. Apakah mahasiswa luar UKI atau non-civitas akademika UKI boleh masuk dan menggunakan fasilitas dan koleksi perpustakaan UKI?

Masyarakat umum dapat memanfaatkan sumber informasi dan fasilitas perpustakaan dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Mahasiswa perguruan tinggi yang bekerjasama dengan perpustakaan UKI harus membawa surat pengantar dari perpustakaan yang bersangkutan
  • Mahasiswa perguruan tinggi dan masyarakat lainnya, dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah) untuk satu kali kunjungan
7. Bagaimana mengakses jurnal dan database online?

Akses jurnal dan database online dapat akses melalui website perpustakaan (https://perpustakaan.uki.ac.id/) menggunakan wifi atau hotspot UKI. Jika ingin mengakses jurnal dan database dari luar lingkungan UKI dapat menghubungi pihak perpustakaan.

8. Dimana lokasi skripsi, tesis tahun terbitan yang lama?

Skripsi atau tesis tahun lama sudah tidak didisplay di rak dan tidak dilayankan. Sebagai penggantinya perpustakaan menyediakan akses skripsi dan tesis tahun terbit lama secara online melalui Repository UKI. Klik disini

9. Bagaimana prosedur melakukan pengecekkan turnitin secara mandiri?

Prosedur layanan pengecekkan turnitin secara mandir dilakukan dengan cara:

  • Mahasiswa UKI yang masih aktif
  • Mengikuti sosialisasi yang dilakukan perpustakaan 
  • Mendaftarkan account turnitin mengunakan email (hanya boleh sekali pendaftaran account)
  • Menghubungi PIC tiap fakultas untuk menghapus file yang sudah diupload agar dapat kembali di upload
  • Kelas turnitin hanya diberikan selama 2 minggu
10. Bagaimana prosedur menggunakan Layanan Ruang Belajar Mandiri?
  • sivitas akademika UKI harus mendaftarakan diri kepada petugas yang ada pada sirkulasi dan informasi
  • Jangka waktu peminjaman maksimal 2 (dua) jam. Berlaku dari jam layanan buka hingga 30 menit sebelum layanan perpustakaan tutup
  • Apabila sudah selesai menggunakan, maka harus mengembalikan kunci kepada petugas sirkulasi dan informasi.