1. Layanan Referensi
Layanan referensi adalah layanan yang bertujuan untuk memberikan bantuan, petunjuk dan bimbingan kepada pengguna perpustakaan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Untuk melaksanakan pekerjaan itu dengan baik, maka diperlukan koleksi referens yang memadai, petugas yang cukup mampu serta bekerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi lainnya dengan cara silang laying.

Tujuan Referensi
Tujuan referensi adalah untuk memberi bantuan kepada pengguna jasa referensi baik itu mahasiswa, dosen dan peneliti. Untuk mencari, mengumpulkan dan menilai serta menggunakan bahan-bahan perpustakaan di dalam kegiatan belajar, ajar mengajar dan penelitian.

 
Jenis koleksi yang ada di ruang referens adalah :
  1. Koleksi Referensi
  2. Almanak dan buku tahunan
  3. Buku pegangan dan majalah
  4. Direktori
  5. Ensiklopedi
  6. Kamus
  7. Statistik
  8. Sumber Geografi
  9. Indeks
  10. Skripsi
  11. Jurnal
  12. Prosiding
  13. Karya Ilmiah Dosen
  14. Majalah
  15. Surat kabar/Koran
TESIS, SKRIPSI, TUGAS AKHIR
Tesis, Skripsi dan tugas akhir adalah koleksi yang terdapat di ruang referens. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat,  tidak dapat difotocopy dan dipinjam untuk dibawa pulang. Adapun cara peminjamannya sama dengan peminjaman buku teks. Penelusuran judul/subjek dapat dilihat melalui web site repository perpustakaan UKI.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Turnitin merupakan suatu aplikasi berbasis web, yang digunakan untuk mengecek seberapa tingkat kesamaan teks, yang dibandingkan dengan teks yang ada di repository turnitin itu sendiri, serta teks yang sudah dipublish di intrenet secara umum. Adapun tujuan dari program literasi turnitin di lingkungan citivas UKI yaitu untuk meminimalisir tingkat plagiarisme dalam penulisan karya tulis mahasiswa.