Webinar & Workhsop Literasi Mahasiswa Tingkat Akhir dengan dengan tema “Pemanfaatan Sumber Informasi dan Pencegahan Plagiarism”

Pada tanggal, 23-24 Februari  2022 telah diadakan Webinar & Workhsop Literasi Mahasiswa Tingkat Akhir dengan dengan tema “Pemanfaatan Sumber Informasi dan Pencegahan Plagiarism”. Wakil Rektor Bidang Akademik , Bapak Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si., M.A. turut hadir sekaligus membuka acara webinar ini. Kegiatan ini  diadakan secara Daring, diikuti ratusan peserta secara via Zoom & Teams, yang terdiri dari sivitas akademika Universitas Kristen Indonesia. Acara ini dibagi menjadi menjadi 2 hari dimana pada hari pertama materi yang diberikan tentang pemanfaatan sumber informasi serta hari kedua materinya adalah pembuatan kelas mandiri Turnitin.

Tujuan diadakan Webinar dan Workshop tentang Pemanfaatan Sumber Informasi dan Pencegahan Plagiarism tersebut adalah :

1. Mahasiswa dapat memahami dan mencari informasi yang dibutuhkan.
2. Mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkan referensi tools Mendeley.
3. Mahasiswa dapat memanfaatkan sumber daya informasi perpustakaan. 
4. Mencegah plagiarism di sivitas akademika UKI.

Hadir sebagai narasumber pada hari pertama yaitu Sonny Pawoko, S.Sos., M.T.I. (Pustakawan Universitas Indonesia). Beliau menjelaskan bagaimana cara mencari serta memahami sebuah informasi yang kita butuhkan secara efisien dan tepat. Selain itu materi yang disampaikan tentang memanfaatkan referensi tools yaitu Mendeley. Mendeley sangat berguna untuk menghindari plagiarism dalam penulisan artikel ilmiah serta mendeley ini berguna untuk memudahkan dalam penulisan daftar pustaka. 

Pada hari kedua yang menjadi narasumber pada kegiatan webinar ini adalah Pustakawan Perpustakaan UKI yang mumpuni dibidangnya. Materi yang diberikan adalah pembuatan kelas turnitin. Dimana turnitin ini adalah suatu aplikasi berbasis web, yang digunakan untuk mengecek seberapa tingkat kesamaan teks, yang dibandingkan dengan teks yang ada di repository turnitin itu sendiri, serta teks yang sudah dipublish di internet secara umum. Dengan adanya kelas Turnitin ini maka mahasiswa dapat mengecek tingkat kesamaan dari karya ilmiah mereka secara mandiri.
        


 

Share this Post

https://feb.uki.ac.id/js/ http://sirika.bkkbn.go.id/images/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/pix/ https://satudata.kemenpora.go.id/uploads/terbaru/ https://sipdesa.karanganyarkab.go.id/ttd/ https://sentraki.polimarin.ac.id/public/js/ http://pmb.uij.ac.id/wp-content/produk/hari-ini/ https://fkip.unsulbar.ac.id/wp-includes/js/sdana/