Seminar Penulisan Tugas Akhir untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Bebas Plagiarisme dan Pengenalan ChatGPT

Pada Rabu, 10 Mei 2022 telah diadakan Seminar Penulisan Tugas Akhir untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Bebas Plagiarisme dan Pengenalan ChatGPT.  Wakil Rektor UKI bidang Akademik dan Inovasi, Bapak Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H. turut hadir sekaligus membuka acara seminar ini. Seminar kali ini menghadirkan  narasumber yang mumpuni dibidangnya yaitu Ibu Dra. Kalarensia Naibaho, M.Hum (Pustakawan UI) serta Bapak Sony Pawoko, S.Sos., M.T.I (Pustakawan UI). Kegiatan ini  diadakan secara hybrid, diikuti ratusan peserta secara daring via Zoom, mayoritas civitas akademika UKI.

Bapak Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan plagiarisme merupakan suatu tindakan yang dapat dikategorikan sebagi aib besar dalam dunia pendidikan. Sanski yang diberikan terhadap plagiarisme kepada dosen yaitu pencabutan gelar, penurunan jenjang jabatan akademik dan pemberhentian dengan tidak hormat serta kepada mahasiswa pembatalan nilai, dan pembantalan ijazah terhadap mahasiwa yang telah lulus. Saya juga berterimakasih kepada UPT Perpustakan yang telah menyelenggarakan seminar ini dimana UPT. Perpustakaan selalu berkomitmen terhadap pencegahaan plagiarisme. Kita berharap agar kegiatan seperti akan tetap dilaksanakan sehingga akan sangat bermanfaat civitas akademika ujar Bapak Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H.

Seminar ini dibagi menjadi 2 sesi dimana pada sesi I yang disampaikan oleh narasumber mengenai Pencegahan Plagiarisme dan  salami Slicing dalam karaya ilmiah. Beliau mengatakan Plagiarisme merupakan tindakan seorang mencuri ide atau pikiran yang telah dituangkan dalam tulisan orang lain. Beliau juga mengatakan sebelum masa digitaliasi tindak plagiarism belum diketahui dan kita beruntung di era sekarang mudah mendapatkan berbagai sumber informasinya.Pada sesi II materi yang disampaikan tentang Bebas Plagiarisme dan Pengenalan ChatGPT. Beliau mengatakan ChatGPT ini merupakan Pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan dalam pengumpulan media & literasi informasi.

Dengan diadakannya seminar ini, mahasiswa tingkat akhir mengetahui tata cara bagaimana penulisan karya ilmiah dan mencegah plagiarisme yang benar dan baik, juga mahasiswa dapat memperlajari bagaimana proses penggunaan ChatGPT.

 

Share this Post

https://feb.uki.ac.id/js/ http://sirika.bkkbn.go.id/images/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/pix/ https://satudata.kemenpora.go.id/uploads/terbaru/ https://sipdesa.karanganyarkab.go.id/ttd/ https://sentraki.polimarin.ac.id/public/js/ http://pmb.uij.ac.id/wp-content/produk/hari-ini/ https://fkip.unsulbar.ac.id/wp-includes/js/sdana/